RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN
|
Bahasa
dan Sastra Indonesia
|
||
KELAS
/SEMESTER
|
XI
(sebelas) / 2 (dua)
|
||
PROGRAM
|
Umum
|
||
ALOKASI
WAKTU
|
3 x 45
menit
|
||
TEMA
|
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau
seminar
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau
seminar
|
||
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Mendengarkan
|
||
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
|
·
Mampu
menyimak penyampaian pendapat atau informasi dalam diskusi atau seminar
·
Mampu
mencatat pokok-pokok informasi dalam diskusi/seminar
·
Mampu
menyusun rangkuman isi informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami
·
Mampu
menanggapi rangkuman isi informasi yang disusun teman
|
·
Bersahabat/
komunikatif
·
Mandiri
|
·
Kepemimpinan
|
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Rekaman atau pembacaan penyampaian pendapat/informasi
dalam diskusi/seminar
Gagasan para pembicara yang disampaikan dalam diskusi
Pokok-pokok
isi informasi
Cara
dan macam-macam format pencatatan pokok informasi
Cara
menyusun rangkuman isi informasi
Contoh
rangkuman isi informasi
Tanggapan
terhadap rangkuman isi informasi yang disusun oleh teman
|
||
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber
|
·
Merangkum
isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
|
· Siswa dapatMampu menyusun rangkuman isi
informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F Siswa
saling bertukar pikiran mengenai pengertian diskusi dan seminar
F Siswa
saling bertukar pikiran mengenai tujuan diskusi & seminar
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
INTI
|
& Eksplorasi
F
Guru memperdengarkan rekaman atau membacakan penyampaian
pendapat/informasi dalam diskusi/seminar
F
Siswa
mendengarkan pemutaran rekaman atau pembacaan penyampaian pendapat/informasi
dalam diskusi/seminar
& Elaborasi
F
Siswa
mencatat pokok-pokok isi informasi, sebagian dengan format 1, sebagian yang
lain dengan format 2
F
Siswa
menyusun rangkuman isi informasi
F
Siswa
mempresentasikan rangkuman isi informasi yang disusun
F
Siswa
saling menanggapi rangkuman isi informasi yang disusun oleh teman
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
|
Mandiri
|
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
|
F Siswa
diminta mengungkapkan kesulitannya dalam mendengar kan informasi
F Siswa diminta
mengungkapkan pengalamannya dalam merang kum isi informasi
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
|
v
|
Pustaka rujukan
|
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
159-162
|
v
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Rekaman pengajaran
|
|
V
|
Media cetak dan elektronik
|
Diskusi atau seminar yang
disiarkan langsung oleh televisi
|
|
|
Website internet
|
|
|
V
|
Narasumber
|
Pemimpin diskusi, moderator,
pembicara, panelis
|
|
V
|
Model peraga
|
Siswa yang sudah sering menyaji
kan makalah di depan forum, anggota KIR, pengurus OSIS
|
|
V
|
Lingkungan
|
Diskusi panel, seminar di sekolah,
perguruan tinggi atau lingkungan sekitar siswa
|
|
Metode
|
V
|
Presentasi
|
|
V
|
Diskusi Kelompok
|
|
|
V
|
Inquari
|
|
|
V
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes Tertulis
|
|
V
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
V
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
projek, portofolio
|
|
V
|
Pengukuran Sikap
|
|
v
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
||
Daftar pertanyaan lisan tentang
Tugas/perintah untuk mengungkapkan
kesulitannya dalam mendengarkan informasi dan
pengalamannya dalam merangkum isi informasi.
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi,
mengungkapkan tanggapan
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
dipelajari
|
||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
RUBRIK PENILAIAN
PENYUSUNAN RANGKUMAN
ISI PEMBICARAAN
DALAM DISKUSI/SEMINAR
NAMA SISWA :
KELAS, NO ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau
seminar
NO
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
PERTANYAAN
PEMANDU
|
SKOR
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
Kesesuaian
rangkuman dengan isi pembicaraan
|
Apakah
rangkuman sesuai dengan data yang ada pada diskusi/seminar?
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kelengkapan
isi
|
Apakah
hal-hal penting pada diskusi/seminar oleh siswa dicantumkan secara lengkap
dalam rangkuman?
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ketepatan
rangkuman
|
Apakah
rangkuman memuat keseluruhan detail isi dan merupakan hal yang inti?
|
|
|
|
|
|
4.
|
Bahasa
|
Apakah
siswa menulis rangkuman dengan bahasa yang mudah dipahami?
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kebakuan
bahasa
|
Apakah
siswa menulis rangkuman dengan bahasa Indonesia yang baku?
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
(Maksimal 25)
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN
|
Bahasa
dan Sastra Indonesia
|
||
KELAS
/SEMESTER
|
XI
(sebelas) / 2 (dua)
|
||
PROGRAM
|
Umum
|
||
ALOKASI
WAKTU
|
3 x 45
menit
|
||
TEMA
|
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau
seminar
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
9.2 Mengomentari
pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
|
||
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Mendengarkan
|
||
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
|
·
Mampu
mengajukan pertanyaan dalam diskusi atau seminar
·
Mampu
menanggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan
·
Mampu
menanggapi pembicaraan dalam bentuk dukungan
·
Mampu
menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan
·
Mampu
menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi/seminar
|
·
Bersahabat/
komunikatif
·
Mandiri
|
·
Kepemimpinan
|
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Berbagai topik diskusi
Syarat peserta diskusi yang baik
Syarat mengajukan pertanyaan dalam diskusi/seminar
Daftar pertanyaan dalam diskusi/seminar
Syarat
dan cara memberikan komentar/tanggapan
Tanggapan/komentar
pembicaraan dalam bentuk kritik
Tanggapan/komentar
pembicaraan dalam bentuk dukungan
Penambahan
alasan untuk memperkuat tanggapan/komentar
Cara
menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi
Contoh
hasil diskusi
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau
seminar
|
·
Mengomentari
pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
|
· Siswa dapatMampu menyusun rangkuman isi
informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F Siswa
ditanya mengenai syarat peserta diskusi yang baik
F Siswa
ditanya mengenai cara memberikan tanggapan/komentar pembicaraan dalam diskusi
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
INTI
|
& Eksplorasi
F Siswa
membaca dan memahami berbagai komentar yang
ada dalam contoh hasil diskusi
F Guru
menghadirkan satu atau beberapa panelis/nara sumber untuk menyampaikan
pendapatnya tentang suatu topik
& Elaborasi
F Guru
menunjuk beberapa siswa sebagai notulis dan moderator diskusi dan siswa yang
lain sebagai peserta diskusi
F Pelaksanaan
diskusi panel : moderator mengatur jalannya diskusi
F
Siswa peserta diskusi menyampaikan tanggapan/komentar
pembicaraan dalam bentuk kritik disertai alasan pendukung
F
Siswa peserta diskusi menyampaikan tanggapan/komentar pembicaraan
dalam bentuk dukungan disertai alasan pendukung
F
Penyampaian
kesimpulan hasil diskusi oleh moderator
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
|
Mandiri
|
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
|
F
Siswa
diminta menjelaskan kesulitannya dalam menyampaikan tanggapan/komentar
pembicaraan dalam diskusi
F Siswa diminta mengungkapkan
manfaat penyampaian tanggapan terhadap hasil akhir diskusi
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
|
v
|
Pustaka rujukan
|
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
176-180
Arsjad Maidar G. Dan Mukti U.S.
1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta :
Erlangga
|
v
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Rekaman pelaksanaan diskusi atau
seminar
|
|
V
|
Media cetak dan elektronik
|
Rekaman atau siaran langsung suatu
diskusi atau seminar dari TV
|
|
V
|
Website internet
|
Rekaman diskusi atau seminar
|
|
V
|
Narasumber
|
Panelis, guru, dosen, praktisi,
dll.
|
|
V
|
Model peraga
|
Siswa sebagai moderator dan
panelis
|
|
V
|
Lingkungan
|
Diskusi panel, seminar di sekolah,
perguruan tinggi, instansi, atau forum lain yang ada di masyarakat y
|
|
Metode
|
V
|
Presentasi
|
|
V
|
Diskusi Kelompok
|
|
|
V
|
Inquari
|
|
|
V
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes Tertulis
|
|
V
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
V
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
projek, portofolio
|
|
V
|
Pengukuran Sikap
|
|
V
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
||
Daftar pertanyaan lisan tentang
mengenai syarat peserta diskusi yang baik, dan cara memberikan
tanggapan/komentar pembicaraan dalam diskusi
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, penyampaian
tanggapan pembicaraan
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
dipelajari
|
||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
RUBRIK PENILAIAN
KOMENTAR TERHADAP PENDAPAT DALAM DISKUSI
NAMA SISWA :
KELAS/NO. ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR
: Mengomentari pendapat seseorang
dalam suatu diskusi atau seminar
ASPEK
|
RINCIAN
|
NILAI
|
|||
KURANG
|
CUKUP
|
BAIK
|
AMAT BAIK
|
||
D (10)
|
C (15)
|
B (20)
|
A (25)
|
||
ISI KOMENTAR
|
Sesuai
dengan pendapat pembicara
|
|
|
|
|
Kritis/mendalam/tajam
|
|||||
Isinya
sesuai
|
|||||
Komentar
logis dan realistis
|
|||||
Didukung alasan, bukti serta referensi memadai
|
|||||
SISTEMATIKA
KOMENTAR
|
Dibuka
dengan pengantar /latar belakang
|
|
|
|
|
Ada pernyataan utama di awal
|
|||||
Ada gagasan penjelas / pengembang di
tengah
|
|||||
Ada
kesimpulan/penegasan di akhir
|
|||||
BAHASA KOMENTA TOR
|
Kalimat
efektif dan komunikatif
|
|
|
|
|
Diksi
tepat, khusus, variatif, baku
|
|||||
Struktur
kalimat tepat dan baku
|
|||||
Artikulasi
dan intonasi tepat
|
|||||
ETIKA
|
Menghargai
pendapat orang lain
|
|
|
|
|
Tidak
emosional
|
|||||
Kata-katanya
santun
|
|||||
Sesuai
alokasi waktu
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN
|
Bahasa
dan Sastra Indonesia
|
||
KELAS
/SEMESTER
|
XI
(sebelas) / 2 (dua)
|
||
PROGRAM
|
Umum
|
||
ALOKASI
WAKTU
|
3 x 45
menit
|
||
TEMA
|
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
10.
Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
10.1
Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
|
||
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Berbicara
|
||
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
|
·
Mampu
menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
·
Mampu
menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
·
Mampu
menjelaskan ringkasan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
|
·
Bersahabat/
komunikatif
·
Mandiri
|
·
Kepemimpinan
|
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Contoh
hasil penelitian
Penulisan
pokok-pokok hasil penelitian yang akan disampaikan
Proses-proses
penelitian: tahap persiapan dan tahap pelaksanaan
Ringkasan
hasil penelitian
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Berbicara
laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
|
·
Mempresentasikan
hasil penelitian secara runtut dengan
menggunakan bahasa yang baik dan benar
|
· Siswa dapatMampu menjelaskan proses
penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
PEMBUKA (Apersepsi)
|
F Siswa ditanya mengenai cara
mempublikasikan hasil penelitian
F Siswa ditanya mengenai
manfaat publikasi hasil penelitian
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
INTI
|
& Eksplorasi
F Siswa melakukan
penelitian
& Elaborasi
F Siswa menuliskan hasil
penelitian
F
Siswa menuliskan
pokok-pokok hasil penelitian yang akan disampaikan secara berurutan
F Siswa
mempresentasikan proses dan hasil penelitiannya di depan kelas dengan kalimat yang mudah
dipahami
F
Siswa
mendiskusikan hasil penelitian teman yang telah dipresentasikan
F
Siswa
mengemukakan persetujuan atau pertidaksetujuan hasil penelitian teman dengan
argumen yang kuat.
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui.
|
Mandiri
|
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
|
F Siswa
diminta mengungkapkan kesulitannya dalam menuliskan pokok-pokok hasil
penelitian yang akan dipresentasikan
F Siswa
diminta mengungkapkan pengalamannya dalam mempresentasikan hasil penelitiannya
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
|
v
|
Pustaka rujukan
|
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
137-140
Arsjad, Maidar G. Dan Mukti U.S.
1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa
Indonesia. Jakarta : Erlangga
|
v
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Rekaman pengajaran berbicara,
rekaman presentasi hasil penelitian, ujian kesarjanaan/magister/doktor
|
|
V
|
Media cetak dan elektronik
|
Komputer, LCD, OHP
|
|
V
|
Website internet
|
Hasil-hasil penelitian
|
|
V
|
Narasumber
|
Sarjana, Magister, Doktor yang ada
di sekolah
|
|
V
|
Model peraga
|
Siswa yang mempunyai pengalaman
mempresentasikan karya tulis, siswa anggota KIR
|
|
V
|
Lingkungan
|
Presentasi karya-karya ilmiah di
sekitar tempat tinggal siswa atau di perguruan tinggi yang dikenal siswa
(presentasi laporan hasil penelitian, skripsi, tesis, disertasi)
|
|
Metode
|
V
|
Presentasi
|
|
V
|
Diskusi Kelompok
|
|
|
V
|
Inquari
|
|
|
V
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes Tertulis
|
|
V
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
V
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
projek, portofolio
|
|
V
|
Pengukuran Sikap
|
|
v
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
||
Daftar pertanyaan lisan tentang
cara mempublikasikan hasil penelitian
Pertanyaan mengenai manfaat publikasi hasil penelitian
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
dipelajari
|
RUBRIK
PENILAIAN PRESENTASI HASIL PENELITIAN
NAMA :
KELAS/NO. ABS :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI
DASAR : Mempresentasikan hasil
penelitian secara runtut dengan
menggunakan bahasa yang baik dan benar
N0
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
SKOR
|
|
1
|
Penguasaan
materi yang dipresentasikan
|
a.
Sangat baik
Skor 5
|
|
b.
Baik
Skor 4
|
|||
c.
Cukup
Skor 3
|
|||
d.
Jelek
Skor 2
|
|||
e.
Sangat jelek
Skor 1
|
|||
2
|
Kelengkapan
pokok-pokok
hasil penelitian yang dipresen tasikan
|
a.
Sangat lengkap
Skor 5
|
|
b.
Lengkap
Skor 4
|
|||
c.
Cukup lengkap
Skor 3
|
|||
d.
Tidak lengkap
Skor 2
|
|||
e.
Sangat tidak lengkap
Skor 1
|
|||
3
|
Keruntutan
dan sistematika penyampaian pokok-pokok hasil penelitian
|
a.
Sangat runtut dan sangat sistematis Skor 5
|
|
b.
Runtut dan sistematis
Skor 4
|
|||
c.
Cukup runtut dan cukup sistematis Skor 3
|
|||
d.
Tidak runtut dan tidak sistematis Skor 2
|
|||
e.
Sangat tidak runtut & sangat tidak sistematis Skor
1
|
|||
4
|
Kemudahan
bahasa penyampaian untuk dipahami
|
a.
Sangat mudah dipahami
Skor 5
|
|
b.
Mudah dipahami
Skor 4
|
|||
c.
Cukup mudah dipahami
Skor 3
|
|||
d.
Sulit dipahami Skor 2
|
|||
e.
Sangat sulit dipahami
Skor 1
|
|||
5
|
Ketepatan
intonasi dan kejelasan artikulasi
|
a.
Sangat tepat dan sangat jelas Skor 5
|
|
b.
Tepat dan jelas
Skor 4
|
|||
c.
Cukup tepat dan jelas
Skor 3
|
|||
d.
Tidak tepat dan tidak jelas Skor 2
|
|||
e.
Sangat tidak tepat dan tidak jelas Skor 1
|
|||
6
|
Kemampuan
menggunakan media pendukung penyampaian
|
a.
Sangat baik
Skor 5
|
|
b.
Baik
Skor 4
|
|||
c.
Cukup
Skor 3
|
|||
d.
Jelek
Skor 2
|
|||
e.
Sangat jelek
Skor 1
|
|||
JUMLAH SKOR
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
MATA
PELAJARAN
|
Bahasa
dan Sastra Indonesia
|
||
KELAS
/SEMESTER
|
XI
(sebelas) / 2 (dua)
|
||
PROGRAM
|
Umum
|
||
ALOKASI
WAKTU
|
3 x 45
menit
|
||
TEMA
|
|
||
STANDAR
KOMPETENSI
|
10.
Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
|
||
KOMPETENSI
DASAR
|
10.2
Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian
|
||
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Berbicara
|
||
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
|
|
·
Mampu
mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian
·
Mampu
menanggapi kritikan terhadap hasil penelitian
·
Mampu
menyampaikan alasan yang mendukung kritik/penolakan
·
Mampu mengomentari tanggapan orang lain
terhadap laporan hasil penelitian
|
·
Bersahabat/
komunikatif
·
Mandiri
|
·
Kepemimpinan
|
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Contohlaporanhasilpenelitian
Kritikanparapembicaraterhadaphasilpenelitian
Cara
menanggapikritikterhadaphasilpenelitian
Tanggapanparapembicara yang
bersifatmendukung
Cara
mengomentari tanggapan orang lain terhadap hasil penelitian
|
||
STRATEGI
PEMBELAJARAN
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Berbicara
laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
|
·
Mengomentari
tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian
|
· Siswa dapatMampu mengomentari tanggapan orang lain terhadap laporan hasil penelitian
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
F Siswa
ditanya mengenai tanggapan yang bisa
diberikan terhadap laporan hasil penelitian
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
INTI
|
& Eksplorasi
F Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok : beberapa kelompok melaporkan hasil
penelitian dan beberapa kelompok yang lain bertugas memberikan tanggapan
F Sebuah
kelompok melaporkan hasil penelitian, kelompok lain memperhatikan laporan/presentasi hasil
penelitian
F Siswa
memberikan kritikan terhadap hasil penelitian
& Elaborasi
F Siswa
dari kelompok penyaji menanggapi kritik
yang diterima
F Siswa
memberikan tanggapan yang mendukung hasil
penelitian
F
Siswa dari kelompok penyaji mengomentari tanggapan siswa lain
yang bersifat mendukung hasil penelitian
& Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang
belum diketahui.
|
Mandiri
|
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
|
F Siswa
diminta menjelaskan manfaat kritik terhadap hasil penelitian
F Siswa
diminta menjelaskan manfaat dukungan hasil
penelitian
F Siswa
mengerjakan uji kompetensi dan menjawab kuis
uji teori
|
·
Bersahabat/
komunikatif
|
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
|
v
|
Pustaka rujukan
|
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
145-148
Arsjad, Maidar G. Dan Mukti U.S.
1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara
Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
|
V
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Rekaman pengajaran pemberian
tanggapan hasil penelitian
|
|
|
Media cetak dan elektronik
|
|
|
V
|
Website internet
|
Hasil-hasil penelitian
|
|
V
|
Narasumber
|
Peneliti, penyaji, doktor,
magister, sarjana yang ada di sekolah
|
|
|
Model peraga
|
|
|
V
|
Lingkungan
|
Tanggapan presentasi karya-karya
ilmiah (hasil penelitian, skripsi, tesis, disertasi) di sekitar tempat
tinggal siswa atau di perguruan tinggi yang dikenal siswa
|
|
Metode
|
V
|
Presentasi
|
|
V
|
Diskusi Kelompok
|
|
|
V
|
Inquari
|
|
|
V
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes Tertulis
|
|
V
|
Observasi Kinerja/Demontrasi
|
|
V
|
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
projek, portofolio
|
|
V
|
Pengukuran Sikap
|
|
v
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
||
Daftar pertanyaan lisan tentang tanggapan yang bisa
diberikan terhadap laporan hasil penelitian
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
dipelajari
|
||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
RUBRIK PENILAIAN
KOMENTAR ATAS TANGGAPAN HASIL PENELITIAN
NAMA SISWA :
KELAS/NO. ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Mengomentari tanggapan orang lain
terhadap presentasi hasil penelitian
ASPEK
|
RINCIAN
|
NILAI
|
|||
KURANG
|
CUKUP
|
BAIK
|
AMAT BAIK
|
||
D (10)
|
C (15)
|
B (20)
|
A (25)
|
||
ISI KOMENTAR
|
Sesuai
dengan tanggapan
|
|
|
|
|
Kritis/mendalam/tajam
|
|||||
Isinya
sesuai dengan penelitian
|
|||||
Komentar
logis dan realistis
|
|||||
Didukung alasan, bukti serta referensi memadai
|
|||||
SISTEMATIKA
KOMENTAR
|
Dibuka
dengan pengantar /latar belakang
|
|
|
|
|
Ada pernyataan utama di awal
|
|||||
Ada gagasan penjelas / pengembang di
tengah
|
|||||
Ada
kesimpulan/penegasan di akhir
|
|||||
BAHASA KOMENTATOR
|
Kalimat
efektif dan komunikatif
|
|
|
|
|
Diksi
tepat, khusus, variatif, baku
|
|||||
Struktur
kalimat tepat dan baku
|
|||||
Artikulasi
dan intonasi tepat
|
|||||
ETIKA
|
Menghargai
pendapat orang lain
|
|
|
|
|
Tidak
emosional
|
|||||
Kata-katanya
santun
|
|||||
Sesuai
alokasi waktu
|
|||||
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar