RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
| 
MATA
  PELAJARAN | 
Bahasa
  dan Sastra Indonesia | ||
| 
KELAS
  /SEMESTER | 
XI
  (sebelas) / 2 (dua) | ||
| 
PROGRAM | 
Umum
   | ||
| 
ALOKASI
  WAKTU | 
3  x  45
  menit  | ||
| 
TEMA
   |  | ||
| 
STANDAR
  KOMPETENSI | 
9.  Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau
  seminar   | ||
| 
KOMPETENSI
  DASAR | 
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau
  seminar | ||
| 
ASPEK
  PEMBELAJARAN | 
Mendengarkan | ||
| 
Indikator
  Pencapaian Kompetensi         | 
Nilai Budaya
  Dan Karakter Bangsa | 
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
| 
·  
  Mampu
  menyimak penyampaian pendapat atau informasi dalam diskusi atau seminar   
·  
  Mampu
  mencatat pokok-pokok informasi dalam diskusi/seminar  
·  
  Mampu
  menyusun rangkuman isi informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami 
·  
  Mampu
  menanggapi rangkuman isi informasi yang disusun teman | 
·  
  Bersahabat/
  komunikatif  
·  
  Mandiri
   | 
·  
  Kepemimpinan | |
| 
MATERI
  POKOK PEMBELAJARAN | 
Rekaman atau pembacaan penyampaian pendapat/informasi
  dalam diskusi/seminar 
Gagasan para pembicara yang disampaikan dalam diskusi 
Pokok-pokok
  isi informasi 
Cara
  dan macam-macam format pencatatan pokok informasi 
Cara
  menyusun rangkuman isi informasi 
Contoh
  rangkuman isi informasi 
Tanggapan
  terhadap rangkuman isi informasi yang disusun oleh teman | ||
STRATEGI PEMBELAJARAN 
| 
Tatap
  Muka | 
Terstruktur | 
Mandiri | 
| 
·        
  Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber | 
·       
  Merangkum
  isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar | 
·     Siswa dapatMampu menyusun rangkuman isi
  informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| 
TAHAP | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN | 
Nilai
  Budaya Dan Karakter Bangsa | 
| 
PEMBUKA 
(Apersepsi) | 
F Siswa
  saling bertukar pikiran mengenai pengertian diskusi dan  seminar 
F Siswa
  saling bertukar pikiran mengenai tujuan diskusi & seminar | 
·  
  Bersahabat/
  komunikatif  | 
| 
INTI | 
& Eksplorasi 
F
  Guru memperdengarkan rekaman atau membacakan penyampaian
  pendapat/informasi dalam diskusi/seminar 
F
  Siswa
  mendengarkan pemutaran rekaman atau pembacaan penyampaian pendapat/informasi
  dalam diskusi/seminar 
& Elaborasi 
F
  Siswa
  mencatat pokok-pokok isi informasi, sebagian dengan format 1, sebagian yang
  lain dengan format 2 
F
  Siswa
  menyusun rangkuman isi informasi 
F
  Siswa
  mempresentasikan rangkuman isi informasi yang disusun 
F
  Siswa
  saling menanggapi rangkuman isi informasi yang disusun oleh teman 
& Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi, Siswa: 
F
  Menyimpulkan
  tentang hal-hal yang belum diketahui  
F Menjelaskan tentang hal-hal
  yang belum diketahui. | 
Mandiri | 
| 
PENUTUP 
(Internalisasi & persepsi) | 
F Siswa
  diminta mengungkapkan kesulitannya dalam mendengar kan informasi  
F Siswa diminta
  mengungkapkan pengalamannya dalam merang kum isi informasi  | 
·  
  Bersahabat/
  komunikatif  | 
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| 
Sumber Belajar | 
 
  v | 
Pustaka rujukan | 
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
  2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
  Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
  159-162 | 
| 
 
  v | 
Material: VCD, kaset, poster | 
Rekaman pengajaran  | |
| 
 
  V  | 
Media cetak dan elektronik | 
Diskusi atau seminar yang
  disiarkan langsung oleh televisi | |
|  | 
Website internet |  | |
| 
 
  V | 
Narasumber  | 
Pemimpin diskusi, moderator,
  pembicara, panelis | |
| 
 
  V | 
Model peraga | 
Siswa yang sudah sering menyaji
  kan makalah di depan forum, anggota KIR, pengurus OSIS  | |
| 
 
  V | 
Lingkungan | 
Diskusi panel, seminar di sekolah,
  perguruan tinggi atau lingkungan sekitar siswa | |
| 
Metode | 
 
  V | 
Presentasi |  | 
| 
 
  V | 
Diskusi Kelompok |  | |
| 
 
  V | 
Inquari |  | |
| 
 
  V | 
Demontrasi /Pemeragaan Model |  | 
PENILAIAN
| 
TEKNIK DAN BENTUK | 
 
  V | 
Tes  Lisan  | 
| 
 
  V | 
Tes Tertulis   | |
| 
 
  V | 
Observasi Kinerja/Demontrasi | |
| 
 
  V | 
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
  projek, portofolio | |
| 
 
  V | 
Pengukuran Sikap | |
| 
 
  v | 
Penilaian diri | |
| 
INSTRUMEN /SOAL | ||
| 
Daftar pertanyaan lisan tentang  
Tugas/perintah untuk mengungkapkan
  kesulitannya dalam mendengarkan informasi dan 
pengalamannya dalam merangkum isi informasi. 
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi,
  mengungkapkan tanggapan 
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
  untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
  dipelajari | ||
| 
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
PENYUSUNAN RANGKUMAN 
ISI PEMBICARAAN
DALAM DISKUSI/SEMINAR
   
NAMA SISWA                  :
   
KELAS, NO ABSEN       :
   
TANGGAL PENILAIAN  :
    KOMPETENSI DASAR  : Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau 
                                                 
seminar
| 
NO | 
ASPEK YANG
  DINILAI | 
PERTANYAAN
  PEMANDU | 
SKOR | ||||
| 
1 | 
2 | 
3 | 
4 | 
5 | |||
| 
1. | 
Kesesuaian
  rangkuman dengan isi pembicaraan | 
Apakah
  rangkuman sesuai dengan data yang ada pada diskusi/seminar? |  |  |  |  |  | 
| 
2. | 
Kelengkapan
  isi | 
Apakah
  hal-hal penting pada diskusi/seminar oleh siswa dicantumkan secara lengkap
  dalam rangkuman?  |  |  |  |  |  | 
| 
3. | 
Ketepatan
  rangkuman | 
Apakah
  rangkuman memuat keseluruhan detail isi dan merupakan hal yang inti? |  |  |  |  |  | 
| 
4. | 
Bahasa | 
Apakah
  siswa menulis rangkuman dengan bahasa yang mudah dipahami? |  |  |  |  |  | 
| 
5. | 
Kebakuan
  bahasa | 
Apakah
  siswa menulis rangkuman dengan bahasa Indonesia yang baku? |  |  |  |  |  | 
| 
JUMLAH SKOR
  (Maksimal 25) |  | ||||||
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
| 
MATA
  PELAJARAN | 
Bahasa
  dan Sastra Indonesia | ||
| 
KELAS
  /SEMESTER | 
XI
  (sebelas) / 2 (dua) | ||
| 
PROGRAM | 
Umum
   | ||
| 
ALOKASI
  WAKTU | 
3  x  45
  menit  | ||
| 
TEMA
   |  | ||
| 
STANDAR
  KOMPETENSI | 
9.  Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau
  seminar   | ||
| 
KOMPETENSI
  DASAR | 
9.2  Mengomentari
  pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar | ||
| 
ASPEK
  PEMBELAJARAN | 
Mendengarkan | ||
| 
Indikator
  Pencapaian Kompetensi         | 
Nilai Budaya Dan
  Karakter Bangsa | 
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
| 
·  
  Mampu
  mengajukan pertanyaan dalam diskusi atau seminar 
·  
  Mampu
  menanggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan  
·  
  Mampu
  menanggapi pembicaraan dalam bentuk dukungan 
·  
  Mampu
  menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan 
·  
  Mampu
  menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi/seminar | 
·  
  Bersahabat/
  komunikatif  
·  
  Mandiri
   | 
·  
  Kepemimpinan | |
| 
MATERI
  POKOK PEMBELAJARAN | 
Berbagai topik diskusi 
Syarat peserta diskusi yang baik 
Syarat mengajukan pertanyaan dalam diskusi/seminar 
Daftar pertanyaan dalam diskusi/seminar  
Syarat
  dan cara memberikan komentar/tanggapan 
Tanggapan/komentar
  pembicaraan dalam bentuk kritik  
Tanggapan/komentar
  pembicaraan dalam bentuk dukungan 
Penambahan
  alasan untuk memperkuat tanggapan/komentar  
Cara
  menciptakan komunikasi dua arah dalam diskusi 
Contoh
  hasil diskusi  | ||
STRATEGI
PEMBELAJARAN 
| 
Tatap
  Muka | 
Terstruktur | 
Mandiri | 
| 
·        
  Memahami  pendapat dan informasi  dari berbagai sumber dalam diskusi atau
  seminar | 
·       
  Mengomentari
  pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar | 
·     Siswa dapatMampu menyusun rangkuman isi
  informasi dengan bahasa yang benar dan mudah dipahami | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| 
TAHAP | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN | 
Nilai
  Budaya Dan Karakter Bangsa | 
| 
PEMBUKA 
(Apersepsi) | 
F Siswa
  ditanya mengenai syarat peserta diskusi yang baik 
F Siswa
  ditanya mengenai cara memberikan tanggapan/komentar pembicaraan dalam diskusi  | 
·  
  Bersahabat/
  komunikatif  | 
| 
INTI | 
& Eksplorasi 
F Siswa
  membaca dan memahami berbagai komentar yang
  ada dalam contoh hasil diskusi 
F Guru
  menghadirkan satu atau beberapa panelis/nara sumber untuk menyampaikan
  pendapatnya tentang suatu topik 
& Elaborasi 
F Guru
  menunjuk beberapa siswa sebagai notulis dan moderator diskusi dan siswa yang
  lain sebagai peserta diskusi 
F Pelaksanaan
  diskusi panel : moderator mengatur jalannya diskusi 
F
  Siswa peserta diskusi menyampaikan tanggapan/komentar
  pembicaraan dalam bentuk kritik disertai alasan pendukung 
F
  Siswa peserta diskusi menyampaikan tanggapan/komentar pembicaraan
  dalam bentuk dukungan disertai alasan pendukung 
F
  Penyampaian
  kesimpulan hasil diskusi oleh moderator 
& Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi, Siswa: 
F
  Menyimpulkan
  tentang hal-hal yang belum diketahui  
F Menjelaskan tentang hal-hal
  yang belum diketahui. | 
Mandiri | 
| 
PENUTUP 
(Internalisasi & persepsi) | 
F
  Siswa
  diminta menjelaskan kesulitannya dalam menyampaikan tanggapan/komentar
  pembicaraan dalam diskusi 
F Siswa diminta mengungkapkan
  manfaat penyampaian tanggapan terhadap hasil akhir diskusi  | 
·  
  Bersahabat/
  komunikatif  | 
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| 
Sumber Belajar | 
 
  v | 
Pustaka rujukan | 
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
  2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
  Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
  176-180 
Arsjad Maidar G. Dan Mukti U.S.
  1991. Pembinaan Kemampuan    Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta :
  Erlangga | 
| 
 
  v | 
Material: VCD, kaset, poster | 
Rekaman pelaksanaan diskusi atau
  seminar  | |
| 
 
  V  | 
Media cetak dan elektronik | 
Rekaman atau siaran langsung suatu
  diskusi atau seminar dari TV | |
| 
 
  V | 
Website internet | 
Rekaman diskusi atau seminar  | |
| 
 
  V | 
Narasumber  | 
Panelis, guru, dosen, praktisi,
  dll. | |
| 
 
  V | 
Model peraga | 
Siswa sebagai moderator dan
  panelis | |
| 
 
  V | 
Lingkungan | 
Diskusi panel, seminar di sekolah,
  perguruan tinggi, instansi, atau forum lain yang ada di masyarakat y | |
| 
Metode | 
 
  V | 
Presentasi |  | 
| 
 
  V | 
Diskusi Kelompok |  | |
| 
 
  V | 
Inquari |  | |
| 
 
  V | 
Demontrasi /Pemeragaan Model |  | 
PENILAIAN
| 
TEKNIK DAN BENTUK | 
 
  V | 
Tes  Lisan  | 
| 
 
  V | 
Tes Tertulis   | |
| 
 
  V | 
Observasi Kinerja/Demontrasi | |
| 
 
  V | 
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
  projek, portofolio | |
| 
 
  V | 
Pengukuran Sikap | |
| 
 
  V | 
Penilaian diri | |
| 
INSTRUMEN /SOAL | ||
| 
Daftar pertanyaan lisan tentang
  mengenai syarat peserta diskusi yang baik, dan cara memberikan
  tanggapan/komentar pembicaraan dalam diskusi 
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, penyampaian
  tanggapan pembicaraan 
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
  untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
  dipelajari | ||
| 
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
KOMENTAR TERHADAP PENDAPAT DALAM DISKUSI
NAMA SISWA                      :
KELAS/NO. ABSEN           :
TANGGAL PENILAIAN      :
KOMPETENSI DASAR
     : Mengomentari pendapat seseorang
dalam suatu diskusi atau seminar 
| 
ASPEK | 
RINCIAN | 
NILAI | |||
| 
KURANG  | 
CUKUP | 
BAIK | 
 AMAT BAIK | ||
| 
D  (10) | 
C (15) | 
B (20) | 
A (25) | ||
| 
ISI KOMENTAR | 
Sesuai
  dengan pendapat pembicara |  |  |  |  | 
| 
Kritis/mendalam/tajam | |||||
| 
Isinya
  sesuai  | |||||
| 
Komentar
  logis dan realistis | |||||
| 
Didukung  alasan, bukti serta referensi memadai  | |||||
| 
SISTEMATIKA 
KOMENTAR | 
Dibuka
  dengan  pengantar /latar belakang |  |  |  |  | 
| 
Ada   pernyataan utama di awal | |||||
| 
Ada  gagasan penjelas / pengembang di
  tengah    | |||||
| 
Ada
  kesimpulan/penegasan    di akhir | |||||
| 
BAHASA KOMENTA TOR | 
Kalimat
  efektif dan komunikatif |  |  |  |  | 
| 
Diksi
  tepat, khusus, variatif, baku | |||||
| 
Struktur
  kalimat  tepat dan baku  | |||||
| 
Artikulasi
  dan intonasi tepat  | |||||
| 
ETIKA | 
Menghargai
  pendapat orang lain |  |  |  |  | 
| 
Tidak
  emosional | |||||
| 
Kata-katanya
  santun | |||||
| 
Sesuai
  alokasi waktu | |||||
| 
JUMLAH SKOR |  | ||||
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
| 
MATA
  PELAJARAN | 
Bahasa
  dan Sastra Indonesia | ||
| 
KELAS
  /SEMESTER | 
XI
  (sebelas) / 2 (dua) | ||
| 
PROGRAM | 
Umum
   | ||
| 
ALOKASI
  WAKTU | 
3  x  45
  menit  | ||
| 
TEMA
   |  | ||
| 
STANDAR
  KOMPETENSI | 
10.  
  Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar | ||
| 
KOMPETENSI
  DASAR | 
10.1  
  Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan   menggunakan bahasa yang baik dan benar | ||
| 
ASPEK
  PEMBELAJARAN | 
Berbicara | ||
| 
Indikator
  Pencapaian Kompetensi         | 
Nilai Budaya
  Dan Karakter Bangsa | 
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
| 
·  
  Mampu
  menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan 
·  
  Mampu
  menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami  
·  
  Mampu
  menjelaskan ringkasan hasil penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami | 
·  
  Bersahabat/
  komunikatif  
·  
  Mandiri
   | 
·  
  Kepemimpinan | |
| 
MATERI
  POKOK PEMBELAJARAN | 
Contoh
  hasil penelitian 
Penulisan
  pokok-pokok hasil penelitian yang akan disampaikan 
Proses-proses
  penelitian: tahap persiapan dan tahap pelaksanaan 
Ringkasan
  hasil penelitian | ||
STRATEGI
PEMBELAJARAN 
| 
Tatap
  Muka | 
Terstruktur | 
Mandiri | 
| 
·        
  Berbicara
  laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar | 
·       
  Mempresentasikan
  hasil penelitian secara runtut dengan  
  menggunakan bahasa yang baik dan benar | 
·     Siswa dapatMampu menjelaskan proses
  penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| 
TAHAP | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN | 
Nilai
  Budaya Dan Karakter Bangsa | 
| 
PEMBUKA (Apersepsi) | 
F Siswa ditanya mengenai cara
  mempublikasikan hasil penelitian 
F Siswa ditanya mengenai
  manfaat publikasi hasil penelitian | 
·  
  Bersahabat/
  komunikatif  | 
| 
INTI | 
& Eksplorasi 
F Siswa melakukan
  penelitian 
& Elaborasi 
F Siswa menuliskan hasil
  penelitian 
F
  Siswa menuliskan
  pokok-pokok hasil penelitian yang akan disampaikan secara berurutan 
F Siswa
  mempresentasikan proses dan hasil penelitiannya di depan kelas dengan kalimat yang mudah
  dipahami 
F
  Siswa
  mendiskusikan hasil penelitian teman yang telah dipresentasikan  
F
  Siswa
  mengemukakan persetujuan atau pertidaksetujuan hasil penelitian teman dengan
  argumen yang kuat.  
& Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi, Siswa: 
F
  Menyimpulkan
  tentang hal-hal yang belum diketahui  
F Menjelaskan tentang hal-hal
  yang belum diketahui. | 
Mandiri | 
| 
PENUTUP 
(Internalisasi & persepsi) | 
F Siswa
  diminta mengungkapkan kesulitannya dalam menuliskan pokok-pokok hasil
  penelitian yang akan dipresentasikan  
F Siswa
  diminta mengungkapkan pengalamannya dalam mempresentasikan hasil penelitiannya  | 
·  
  Bersahabat/
  komunikatif  | 
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| 
Sumber Belajar | 
 
  v | 
Pustaka rujukan | 
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
  2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
  Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
  137-140 
Arsjad, Maidar G. Dan Mukti U.S.
  1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa
  Indonesia. Jakarta : Erlangga | 
| 
 
  v | 
Material: VCD, kaset, poster | 
Rekaman pengajaran berbicara,
  rekaman presentasi hasil penelitian, ujian kesarjanaan/magister/doktor | |
| 
 
  V  | 
Media cetak dan elektronik | 
Komputer, LCD, OHP | |
| 
 
  V | 
Website internet | 
Hasil-hasil penelitian | |
| 
 
  V | 
Narasumber  | 
Sarjana, Magister, Doktor yang ada
  di sekolah | |
| 
 
  V | 
Model peraga | 
Siswa yang mempunyai pengalaman
  mempresentasikan karya tulis, siswa anggota KIR  | |
| 
 
  V | 
Lingkungan | 
Presentasi karya-karya ilmiah di
  sekitar tempat tinggal siswa atau di perguruan tinggi yang dikenal siswa
  (presentasi laporan hasil penelitian, skripsi, tesis, disertasi)  | |
| 
Metode | 
 
  V | 
Presentasi |  | 
| 
 
  V | 
Diskusi Kelompok |  | |
| 
 
  V | 
Inquari |  | |
| 
 
  V | 
Demontrasi /Pemeragaan Model |  | 
PENILAIAN
| 
TEKNIK DAN BENTUK | 
 
  V | 
Tes  Lisan  | 
| 
 
  V | 
Tes Tertulis   | |
| 
 
  V | 
Observasi Kinerja/Demontrasi | |
| 
 
  V | 
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
  projek, portofolio | |
| 
 
  V | 
Pengukuran Sikap | |
| 
 
  v | 
Penilaian diri | |
| 
INSTRUMEN /SOAL | ||
| 
Daftar pertanyaan lisan tentang
  cara mempublikasikan hasil penelitian 
Pertanyaan mengenai manfaat publikasi hasil penelitian 
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi 
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
  untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
  dipelajari | ||
RUBRIK
PENILAIAN PRESENTASI HASIL PENELITIAN 
NAMA                                                   :
KELAS/NO. ABS                    :
TANGGAL PENILAIAN         :
KOMPETENSI
DASAR         : Mempresentasikan hasil
penelitian secara runtut dengan 
                                                     menggunakan bahasa yang baik dan benar 
| 
N0 | 
ASPEK YANG
  DINILAI | 
SKOR | |
| 
 1 | 
Penguasaan
  materi yang dipresentasikan  | 
a.
  Sangat baik                                                        
  Skor  5   |  | 
| 
b.
  Baik                                                
                      Skor  4 | |||
| 
c.
  Cukup                                                                 
  Skor  3 | |||
| 
d.
  Jelek                                                                   
  Skor  2 | |||
| 
e.
  Sangat jelek                                  
                       Skor  1 | |||
| 
 2 | 
Kelengkapan
   
pokok-pokok
  hasil penelitian yang dipresen tasikan | 
a.
  Sangat lengkap                                                  
  Skor  5   |  | 
| 
b.
  Lengkap                                                             
  Skor  4 | |||
| 
c.
  Cukup lengkap                                                   
  Skor  3 | |||
| 
d.
  Tidak lengkap                                                    
  Skor  2 | |||
| 
e.
  Sangat tidak lengkap                                         
  Skor  1 | |||
| 
 3 | 
Keruntutan
  dan sistematika     penyampaian      pokok-pokok hasil penelitian  | 
a.
  Sangat runtut dan sangat sistematis                  Skor  5   |  | 
| 
b.
  Runtut dan sistematis                                        
  Skor  4 | |||
| 
c.
  Cukup  runtut dan cukup sistematis                    Skor  3 | |||
| 
d.
  Tidak runtut dan tidak sistematis                        Skor  2 | |||
| 
e.
  Sangat tidak runtut & sangat tidak sistematis     Skor 
  1 | |||
| 
 4 | 
Kemudahan
  bahasa penyampaian untuk dipahami | 
a.
  Sangat mudah dipahami                                    
  Skor  5   |  | 
| 
b.
  Mudah dipahami                                                
  Skor  4 | |||
| 
c.
  Cukup mudah dipahami                                     
  Skor  3 | |||
| 
d.
  Sulit dipahami                                                     Skor  2 | |||
| 
e.
  Sangat sulit dipahami                                        
  Skor  1 | |||
| 
 5 | 
Ketepatan
  intonasi dan kejelasan artikulasi | 
a.
  Sangat tepat dan sangat jelas                            Skor  5   |  | 
| 
b.
  Tepat dan jelas                                                  
  Skor  4 | |||
| 
c.
  Cukup tepat dan jelas                                        
  Skor  3 | |||
| 
d.
  Tidak tepat dan tidak jelas                                  Skor  2 | |||
| 
e.
  Sangat tidak tepat dan tidak jelas                       Skor  1 | |||
| 
 6 | 
Kemampuan
  menggunakan media pendukung penyampaian | 
a.
  Sangat baik                                                        
  Skor  5   |  | 
| 
b.
  Baik                                                                 
     Skor  4 | |||
| 
c.
  Cukup                                                                 
  Skor  3 | |||
| 
d.
  Jelek                                                                   
  Skor  2 | |||
| 
e.
  Sangat jelek                                                   
      Skor  1 | |||
| 
JUMLAH SKOR |  | ||
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
| 
MATA
  PELAJARAN | 
Bahasa
  dan Sastra Indonesia | ||
| 
KELAS
  /SEMESTER | 
XI
  (sebelas) / 2 (dua) | ||
| 
PROGRAM | 
Umum
   | ||
| 
ALOKASI
  WAKTU | 
3  x  45
  menit  | ||
| 
TEMA
   |  | ||
| 
STANDAR
  KOMPETENSI | 
10.  
  Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar | ||
| 
KOMPETENSI
  DASAR | 
10.2  
  Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian | ||
| 
ASPEK
  PEMBELAJARAN | 
Berbicara | ||
| 
Indikator
  Pencapaian Kompetensi         | 
Nilai Budaya
  Dan Karakter Bangsa | 
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif | |
| 
·  
  Mampu
  mengemukakan tanggapan yang mendukung hasil penelitian 
·  
  Mampu
  menanggapi kritikan terhadap hasil penelitian  
·  
  Mampu
  menyampaikan alasan yang mendukung kritik/penolakan 
·  
  Mampu mengomentari tanggapan orang lain
  terhadap laporan hasil penelitian | 
·  
  Bersahabat/
  komunikatif  
·  
  Mandiri
   | 
·  
  Kepemimpinan | |
| 
MATERI
  POKOK PEMBELAJARAN | 
Contohlaporanhasilpenelitian 
Kritikanparapembicaraterhadaphasilpenelitian 
Cara
  menanggapikritikterhadaphasilpenelitian 
Tanggapanparapembicara yang
  bersifatmendukung 
Cara
  mengomentari tanggapan orang lain terhadap hasil penelitian | ||
STRATEGI
PEMBELAJARAN 
| 
Tatap
  Muka | 
Terstruktur | 
Mandiri | 
| 
·        
  Berbicara
  laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar | 
·       
  Mengomentari
  tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian | 
·     Siswa dapatMampu mengomentari tanggapan orang lain terhadap laporan hasil penelitian | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| 
TAHAP | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN | 
Nilai
  Budaya Dan Karakter Bangsa | 
| 
PEMBUKA 
(Apersepsi) | 
F Siswa
  ditanya mengenai tanggapan yang bisa
  diberikan terhadap laporan hasil penelitian | 
·  
  Bersahabat/
  komunikatif  | 
| 
INTI | 
& Eksplorasi 
F Siswa
  dibagi menjadi beberapa kelompok : beberapa kelompok melaporkan hasil
  penelitian dan beberapa kelompok yang lain bertugas memberikan tanggapan 
F Sebuah
  kelompok melaporkan hasil penelitian, kelompok lain memperhatikan laporan/presentasi hasil
  penelitian 
F Siswa
  memberikan kritikan terhadap hasil penelitian 
& Elaborasi 
F Siswa
  dari kelompok penyaji menanggapi kritik
  yang diterima  
F Siswa
  memberikan tanggapan yang mendukung hasil
  penelitian 
F
  Siswa dari kelompok penyaji mengomentari tanggapan siswa lain
  yang bersifat mendukung hasil penelitian 
& Konfirmasi 
Dalam
  kegiatan konfirmasi, Siswa: 
F
  Menyimpulkan
  tentang hal-hal yang belum diketahui  
F Menjelaskan tentang hal-hal yang
  belum diketahui. | 
Mandiri | 
| 
PENUTUP 
(Internalisasi & persepsi) | 
F Siswa
  diminta menjelaskan manfaat kritik terhadap hasil penelitian 
F Siswa
  diminta menjelaskan manfaat dukungan hasil
  penelitian 
F Siswa
  mengerjakan uji kompetensi dan menjawab kuis
  uji teori | 
·  
  Bersahabat/
  komunikatif  | 
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| 
Sumber Belajar | 
 
  v | 
Pustaka rujukan | 
Alex Suryanto dan Agus Haryanta.
  2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra
  Indonesia untuk SMA dan MA Kelas XI Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
  145-148 
Arsjad, Maidar G. Dan Mukti U.S.
  1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara
  Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga | 
| 
 
  V | 
Material: VCD, kaset, poster | 
Rekaman pengajaran pemberian
  tanggapan hasil penelitian | |
|  | 
Media cetak dan elektronik |  | |
| 
 
  V | 
Website internet | 
Hasil-hasil penelitian | |
| 
 
  V | 
Narasumber  | 
Peneliti, penyaji, doktor,
  magister, sarjana yang ada di sekolah | |
|  | 
Model peraga |  | |
| 
 
  V | 
Lingkungan | 
Tanggapan presentasi karya-karya
  ilmiah (hasil penelitian, skripsi, tesis, disertasi) di sekitar tempat
  tinggal siswa atau di perguruan tinggi yang dikenal siswa  | |
| 
Metode | 
 
  V | 
Presentasi |  | 
| 
 
  V | 
Diskusi Kelompok |  | |
| 
 
  V | 
Inquari |  | |
| 
 
  V | 
Demontrasi /Pemeragaan Model |  | 
PENILAIAN
| 
TEKNIK DAN BENTUK | 
 
  V | 
Tes  Lisan  | 
| 
 
  V | 
Tes Tertulis   | |
| 
 
  V | 
Observasi Kinerja/Demontrasi | |
| 
 
  V | 
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas,
  projek, portofolio | |
| 
 
  V | 
Pengukuran Sikap | |
| 
 
  v | 
Penilaian diri | |
| 
INSTRUMEN /SOAL | ||
| 
Daftar pertanyaan lisan tentang tanggapan yang bisa
  diberikan terhadap laporan hasil penelitian 
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi 
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
  untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
  dipelajari | ||
| 
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
KOMENTAR ATAS TANGGAPAN HASIL PENELITIAN
NAMA SISWA                      :
KELAS/NO. ABSEN           :
TANGGAL PENILAIAN      :
KOMPETENSI DASAR      : Mengomentari tanggapan orang lain
terhadap presentasi hasil penelitian
| 
ASPEK | 
RINCIAN | 
NILAI | |||
| 
KURANG | 
CUKUP | 
BAIK | 
 AMAT BAIK | ||
| 
D  (10) | 
C (15) | 
B (20) | 
A (25) | ||
| 
ISI KOMENTAR | 
Sesuai
  dengan tanggapan |  |  |  |  | 
| 
Kritis/mendalam/tajam | |||||
| 
Isinya
  sesuai dengan penelitian | |||||
| 
Komentar
  logis dan realistis | |||||
| 
Didukung  alasan, bukti serta referensi memadai  | |||||
| 
SISTEMATIKA 
KOMENTAR | 
Dibuka
  dengan  pengantar /latar belakang |  |  |  |  | 
| 
Ada   pernyataan utama di awal | |||||
| 
Ada  gagasan penjelas / pengembang di
  tengah    | |||||
| 
Ada
  kesimpulan/penegasan    di akhir | |||||
| 
BAHASA KOMENTATOR | 
Kalimat
  efektif dan komunikatif |  |  |  |  | 
| 
Diksi
  tepat, khusus, variatif, baku | |||||
| 
Struktur
  kalimat  tepat dan baku  | |||||
| 
Artikulasi
  dan intonasi tepat  | |||||
| 
ETIKA | 
Menghargai
  pendapat orang lain |  |  |  |  | 
| 
Tidak
  emosional | |||||
| 
Kata-katanya
  santun | |||||
| 
Sesuai
  alokasi waktu | |||||
| 
JUMLAH SKOR |  |  |  |  | |
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar