Senin, 16 Januari 2012

Tips Sebuah Mahligai Rumah Rangga

Pernikahan adalah sebuah perpaduan dua insan yang ingin membangun sebuah mahligai hidup rumah tangga, tentunya didasari oleh perasaan cinta. Tetapi tidak jarang sebuah bahtera rumah tangga kandas sebelum mencapai kebahagian, karena mahligai rumah tangga tidak dibangun atas dasar kesamaan perasaan, perasaan cinta, dan tidak dibangun atas dasar aqidah dan uhuwa serta nawaitu yang baik. Yaitu rumah tangga hanya dibangun atas dasar nafsu belaka.
Hal inilah dialami oleh pasangan mudah yang mahligai rumah tangganya hanya dibangun atas dasar nafsu. Sehingga dalam mengarungi bahtera rumah tangga selalu diterpa badai yang selalu menggoyahkan perahu cinta mereka yang telah dibina.
Mahligai bukan sebuah barang mewah yang harus dipuja. Tetapi mahligai akan tumbuh menjadi sempurna, bila mahligai itu dirawat dengan perasan kasih sayang, diperlihara dengan iman, dan disirami dengan saling mengerti dan mau mengerti. Mahligai seperti ini tidak akan kandas karena pengayuh kemudinya mengerti bahwa dalam rumah tangga pasti ada riak yang suatu saat akan mengusik bahtera yang melaju dalam alunan gelombang. Tetapi manakala, riak atau gelombang itu disikap dengan perasan tenang, dan menganggap riak dan gelombang itu adalah anugrah yang patut disyukuri, pastilah mahligai rumah tangga akan terpelihara. Benturan kata adalah permainan mulut dalam menyampaikan rasa kesetiaan. Yang terkadang disalah artikan oleh orang kurang mampu membangun kemesraan. Biasaanya ia hanya mampu menerima sesuatu berdasarkan apa adanya.
Untuk itu bagi kaula muda bangunlah rumah tangga dengan membangun saling pengertian, mau mengerti dan merasakan, jika aku adalah dia, pasti dia juga adalah aku. Insyak Allah, keharmonisan rumah tangga akan tercapai bila kita saling memahami satu dengan yang lain.
Sebenarnya tiada kata tanpa masalah.dan tiada masalah tanpa dapat diatasi, jika kita berpikir jernih serta mau berbagi perasaan.
Perasaan yang kurang baik akan mengganggu keharmonisan rumah tangga, sikapilah semua dengan persaan mau mengerti apa kekurangan kita, dan apa kekuruang orang yang berbagi dengan kita dalam membangun mahligai itu.
Bila semua dijalin dengan rajutan kasih sayang dan mau mengerti, Insyak Allah mahligai yang kita bina akan membangun mahligai yang "Mawaddah, Warohmah, dan tentunya akan membangun pula lingkungan yang Sakinah, Baldatun Toyibatun Warokbun Khofur." Amin Yarobba Alamain.
Untuk menjaga dan memeliharan keharmonisan rumah tangga ada baiknya mengikuti tips berikut:
1. Bangunalah kasih sayang atas dasar iman kepada Allah Subhanahu Wataalah,
2. Bangunlah kebersamaan dengan saling mengerti dan mau mengerti perasaan orang  kita cintai,
3. Bicaralah setiap masalah dengan tidak lupa membaca Bismillahirrohmanirrohim,
4. Setiap bertemu pasangan kita jangan lupa ucapkan salam, bangunlah dengan kemesraan,
5. Jangan membicarakan kekurang yang ada pada pasangan kita, tetapi bicarakan apa yang ia senangi,
6 Jangan banyak menuntut sesuatu yang tidak mungkin dapat dipenuhi,tetapi syukuri apa yang sudah kita punyai,
7. Pilihara harkat dan martabat pasangan kita dengan tidak menceritakan apa yang sebenarnya menjadi aibnya,
8. Jangan mengungkap apa yang sudah pernah terjadi, tetapi jadikanlah pelajaran apa yang sudah terjadi, agar tidak terulang lagi,
9. Bersikaplah saling menghargai, dan
10. Jangan lupa bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wataalah, jika kamu Muslim. karena tidak ada yang mampu menganugrahkan kebahagian, kedamaian, kemakmuran, dll kecuali Allah, SWT.
Amin Yarobbal Alamin.
                                          Kerjaan isang, ulah-ulahan ngelamun "ARAS" 17 Januari 2012, pukul 05.30 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar