RENCANA
PEMBELAJARAN
 Nomor  1
IDENTITAS
SEKOLAH,  SK,
KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
| 
NAMA
  SEKOLAH | 
SMA NEGERI I
  KOTAAGUNG TANGGAMUS | 
| 
MATA
  PELAJARAN | 
Bahasa dan Sastra Indonesia | 
| 
KELAS
  /SEMESTER | 
XI (sebelas) / 1
  (satu) | 
| 
PROGRAM | 
IPA / IPS | 
| 
ASPEK
  PEMBELAJARAN | 
Mendengarkan | 
| 
STANDAR
  KOMPETENSI | 
Memahami
  berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan 
  wawancara | 
| 
KOMPETENSI
  DASAR | 
Menemukan 
  pokok-pokok isi sambutan/  
  khotbah  yang didengar  | 
| 
INDIKATOR | 
Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan 
Menuliskan pokok-pokok isi sambutan 
  ke dalam beberapa kalimat 
Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah  | 
| 
ALOKASI
  WAKTU | 
 4 x 
  45 menit ( 2 pertemuan) | 
 
TUJUAN
PEMBELAJARAN
| 
TUJUAN
   | 
Siswa mampu  menemukan 
  pokok-pokok isi sambutan/  
  khotbah  yang  didengar  | 
| 
MATERI
  POKOK PEMBELAJARAN | 
Sambutan atau khotbah  
 Pokok-pokok
  isi sambutan 
Cara membuat   ringkasan sambutan/ khotbah | 
 
METODE
PEMBELAJARAN
|  | 
Presentasi |  | 
| 
V | 
Diskusi Kelompok |  | 
| 
v | 
Inquari |  | 
| 
V | 
Tanya Jawab |  | 
| 
V | 
Penugasan |  | 
|  | 
Demontrasi /Pemeragaan Model |  | 
 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| 
TAHAP | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN | 
| 
PEMBUKA 
(Apersepsi) | 
Guru mengajak siswa untuk mengingat dan 
  mencermati  berbagai peristiwa bencana
  alam di tanah air.  Guru memperlihatkan
  foto-foto atau film dokumenter  kondisi
  lingkungan alam yang rusak.   Siswa 
  diajak    menemukan benang merah yang menghubungkan antara
  dua hal tersebut. 
Guru  mengajak siswa    peduli terhadap  kelestarian lingkungan alam melalui
  berbagai cara, misalnya dengan menyimak baik-baik pidato/sambutan/khotbah
  yang mengangkat topik isu-isu lingkungan hidup. | 
| 
INTI | 
Pertemuan ke-1 ( 90’)   | 
| 
Siswa diminta untuk memikirkan dan merumuskan perbedaan antara
  mendengarkan dan mendengar.  
Guru menanyakan kepada siswa 
  perbedaan /persamaan antara pidato, khotbah, dan sambutan. 
Siswa mendengarkan pembacaan/rekaman khotbah/sambutan/pidato  bertopik lingkungan. 
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi
  khotbah/sambutan/pidato  yang
  didengarkannya. 
Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok pikiran penting
  khotbah yang didengar. 
Siswa  membuat rangkuman isi
  khotbah yang didengar.  
Siswa menanggapi  beberapa
  pernyataan penting  yang terdapat dalam
  khotbah. | |
| 
Pertemuan ke-2   (90’) | |
| 
Siswa mengerjakan Geladi Kelompok: 
  mendengarkan rekaman khotbah, menjawab pertanyaan, mengidentifikasi
  pokok-pokok penting, 
  meringkas/merangkum, dan menanggapi isi khotbah, 
Guru menyampaikan tugas Geladi Diri: mendengarkan khotbah di luar sekolah
  baik secara langsung  di  rumah-rumah ibadah atau melalui siaran di
  media elektronik dan melaporkan hasil simakannya. | |
| 
PENUTUP 
(Internalisasi dan  refleksi) | 
Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep
  penting   yang telah dipelajari 
Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang
  bisa dipetik dari pembelajaran  
Guru menghimbau siswa untuk dapat menjadi pendengar yang baik, cerdas,
  dan kritis saat mendengarkan khotbah            
   | 
  SUMBER BELAJAR
| 
V | 
Pustaka rujukan | 
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex
  Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 1-8 
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269 
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting
  Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas
  Sanata Dharma    | 
| 
V | 
Material: VCD, kaset, poster | 
Flim dokumenter yang memperlihatkan eksploitasi alam dan dampak yang
  ditimbulkan 
Gambar perusakan  alam dan
  bencana-bencana alam yang disebabkan kerusakan lingkungan  | 
| 
V | 
Mediacetak dan elektronik | 
rekaman / tayangan  
  khotbah/pidato/sambutan   dari radio atau televisi | 
|  | 
Website internet |  | 
|  | 
Narasumber  |  | 
|  | 
Model peraga |  | 
| 
V | 
Lingkungan | 
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa | 
  PENILAIAN
| 
TEKNIK DAN
  BENTUK | 
V | 
Tes  Lisan  | 
| 
V | 
Tes
  Tertulis   | |
| 
V | 
Observasi
  Kinerja/Demontrasi | |
| 
V | 
Tagihan Hasil
  Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| 
V | 
Pengukuran
  Sikap | |
|  | 
Penilaian diri | |
| 
INSTRUMEN /SOAL | 
Tugas untuk
  menyimak/mendengarkan khotbah/pidato. 
Daftar
  pertanyaan  pemahaman isi khotbah. 
Tugas untuk
  merangkum dan menanggapi isi khotbah. 
Tugas geladi
  diri untuk menyimak khotbah/pidato di rumah (baik langsung maupun rekamannya) 
Daftar
  pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep
  yang telah dipelajari | |
| 
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | 
Rubrik Penilaian Merangkum/meringkas isi pidato  (terlampir di bawah)  | |
RENCANA
PEMBELAJARAN
 Nomor  2
IDENTITAS
SEKOLAH,  SK,
KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
| 
NAMA
  SEKOLAH | 
 SMA NEGERI I KOTAAGUNGTANGGAMUS | 
| 
MATA
  PELAJARAN | 
Bahasa dan Sastra Indonesia | 
| 
KELAS
  /SEMESTER | 
XI (sebelas) / 1 (satu) | 
| 
PROGRAM | 
IPA / IPS | 
| 
ASPEK
  PEMBELAJARAN | 
Berbicara  | 
| 
STANDAR
  KOMPETENSI | 
Mengungkapkan
  secara lisan informasi hasil membaca dan 
  wawancara | 
| 
KOMPETENSI
  DASAR | 
Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel
  atau buku)     | 
| 
INDIKATOR | 
Mendata
  pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca   
Menyampaikan
  (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia
  yang baik dan benar 
Mengemukan
  hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan
  memberikan alasan | 
| 
ALOKASI
  WAKTU | 
3 x 
  45 menit ( 2 pertemuan) | 
  TUJUAN PEMBELAJARAN
| 
TUJUAN
   | 
Siswa mampu menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca
  artikel  koran, majalah, atau buku | 
| 
MATERI
  POKOK PEMBELAJARAN | 
Artikel koran, majalah, atau  buku 
Pokok-pokok isi artikel koran, majalah,
  atau  buku 
Hal-hal yang
  menarik dalam artikel koran, majalah, atau 
  buku | 
  METODE PEMBELAJARAN
|  | 
Presentasi |  | 
| 
v | 
Diskusi Kelompok |  | 
| 
v | 
Inquari |  | 
| 
v | 
Tanya Jawab |  | 
| 
v | 
Penugasan |  | 
| 
v | 
Demontrasi /Pemeragaan Model |  | 
  KEGIATAN
PEMBELAJARAN
| 
TAHAP | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN | 
| 
PEMBUKA 
(Apersepsi) | 
Guru menunjukkan koran  edisi baru
  dan membacakan sekilas  berita/artikel
  yang  bertopik paling menarik, terutama
  yang berhubungan dengan masalah lingkungan. 
Guru menanyai siswa apakah   dalam 
  keseharian juga   sering membaca koran/majalah dan   rubrik  apakah yang paling diminati. 
Beberapa siswa dipersilakan mengungkapkan pengalalamannya membaca
  koran/majalah   dan  manfaat  yang diperoleh.  | 
| 
INTI | 
Pertemuan ke-1 ( 90’)   | 
| 
Siswa membaca secara intensif kutipan artikel koran bertopik  lingkungan hidup yang tersaji di buku teks
  (bisa diganti dengan teks yang lebih aktual/relevan) 
Siswa mengidentifikasi ide-ide pokok setiap paragraf atau
  pokok-pokok    informasi penting  dan mengungkapkannya secara lisan di dalam
  kelompok.  
Secara berkelompok siswa mengidentifikasi opini penulis dan memberikan
  tanggapan secara kritis. 
Masih dalam kelompok, secara bergantian siswa mengemukakan hal yang
  menarik perhatian dalam teks dan mengemukakan alasannya. | |
| 
Pertemuan ke-2 (45’)  | |
| 
Siswa  menjelaskan  arti kata-kata kajian yang terdapat dalam
  teks  dan secara bergiliran
  menyampaikan jawabannya di depan kelas. 
Siswa menjelaskan  maksud beberapa
  pernyataan dalam teks yang perlu penjelasan lebih lanjut.  
Secara bergiliran siswa maju ke depan kelas dan menyampaikan
  jawabannya  secara lisan.  | |
| 
PENUTUP 
(Internalisasi dan  refleksi) | 
Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep
  penting   yang telah dipelajari 
Siswa diajak   merefleksikan
  nilai-nilai  serta kecakapan hidup
  (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran  
Guru mendorong siswa untuk  mengembangkan budaya  membaca koran/majalah/ atau buku  dan  mampu
  bersikap kritis terhadap opini penulis. | 
 SUMBER BELAJAR
| 
V | 
Pustaka rujukan | 
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex
  Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  9-12 
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269 
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting
  Slamet Soewandi, dkk.  terbitan
  Universitas Sanata Dharma    | 
|  | 
Material: VCD, kaset, poster |  | 
| 
V | 
Mediacetak dan elektronik | 
koran / majalah edisi baru   
artikel koran/majalah bertopik lingkungan yang aktual dan menarik
  perhatian    | 
|  | 
Website internet |  | 
| 
v | 
Narasumber  | 
siswa yang men-sharingkan pengalamannya 
  membaca koran/majalah | 
|  | 
Model peraga |  | 
| 
V | 
Lingkungan | 
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa | 
  PENILAIAN
| 
TEKNIK DAN
  BENTUK | 
V | 
Tes  Lisan  | 
| 
V | 
Tes Tertulis   | |
| 
V | 
Observasi
  Kinerja/Demontrasi | |
| 
V | 
Tagihan Hasil
  Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| 
V | 
Pengukuran
  Sikap | |
|  | 
Penilaian diri | |
| 
INSTRUMEN /SOAL | 
Tugas untuk
  mengidentifikasi   ide pokok paragraf /
  pokok pikiran penting dalam artikel 
Tugas  untuk menginventaris opini penulis dan
  memberikan tanggapan secara kritis  
Tugas untuk
  mengidentifikasi pernyataan-pernyataan menarik dalam artikel dan mengemekukan
  alasannya. 
Tugas
  untuk  menjelaskan kata-kata kajian dan
  pernyataan-pernyataan dalam artikel yang perlu penjelasan lebih lanjut. 
Daftar
  pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep
  yang telah dipelajari | |
| 
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | 
Blangko observasi dan penilaian untuk kinerja memberikan tanggapan atas opini
  dan pernyataan menarik dalam artikel koran/majalah  (terlampir di bawah) | |
RENCANA
PEMBELAJARAN
 Nomor   3
  IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
| 
NAMA
  SEKOLAH | 
SMA NEGERI I KOTAAGUNG TANGGAMUS  | 
| 
MATA
  PELAJARAN | 
Bahasa dan Sastra Indonesia | 
| 
KELAS
  /SEMESTER | 
XI (sebelas) / 1 (satu) | 
| 
PROGRAM | 
IPA / IPS | 
| 
ASPEK
  PEMBELAJARAN | 
Menulis | 
| 
STANDAR
  KOMPETENSI | 
Mengungkapkan infomasi   melalui 
  penulisan  resensi     | 
| 
KOMPETENSI
  DASAR | 
Mengungkapkan
  prinsip-prinsip penulisan  resensi 
   | 
| 
INDIKATOR | 
Mengungkapkan prinsip-prinsip
  penulisan  resensi: 
Mengungkapkan identitas buku 
Mengungkapkan  sistematika dan pokok-pokok isi resensi
  buku   | 
| 
ALOKASI
  WAKTU | 
3 x 
  45 menit ( 2 pertemuan) | 
 
TUJUAN
PEMBELAJARAN
| 
TUJUAN
   | 
Siswa mampu 
  mengungkapkan
  prinsip-prinsip penulisan 
  resensi   | 
| 
MATERI
  POKOK PEMBELAJARAN | 
Contoh sebuah resensi buku  
Fungsi dan tujuan penulisan resensi 
Prinsip-prinsip penting  penulisan 
  resensi 
Pokok-pokok isi  dan sistematika resensi buku 
Data publikasi buku yang diresensi | 
 
 METODE PEMBELAJARAN
|  | 
Presentasi |  | 
| 
v | 
Diskusi Kelompok |  | 
| 
v | 
Inquari |  | 
| 
v | 
Tanya Jawab |  | 
| 
v | 
Penugasan |  | 
|  | 
Demontrasi /Pemeragaan Model |  | 
 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| 
TAHAP | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN | 
| 
PEMBUKA 
(Apersepsi) | 
Guru menunjukkan sebuah buku baru (yang baru diluncurkan) dan menanyakan
  kepada siswa apakah sudah membacanya. 
  Bilamana belum dan berminat membacanya, guru mengajak siswa untuk
  mendengarkan  sebuah artikel   di majalah atau koran yang mengulas buku
  tersebut. 
Guru mengarahkan pengetahuan siswa untuk mengetahui bahwa   bahwa artikel tersebut  adalah sebuah resensi buku. | 
| 
INTI | 
Pertemuan ke-1 (45’) | 
| 
Siswa membaca contoh resensi buku yang disajikan di buku teks. 
Berdasarkan contoh resensi yang dibacanya, siswa mendiskusikan fungsi dan
  tujuan penulisan resensi buku. 
Guru menjelaskan prinsip-prinsip penulisan resensi buku. 
Dengan berdiskusi kelompok, siswa 
  mengidentifikasi bagian-bagian pokok dan sistematika isi resensi buku
  berdasarkan contoh  yang telah
  dibacanya. | |
| 
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’) | |
| 
Siswa diajak ke perpustakaan/ruang internet untuk mencari contoh-contoh
  resensi buku dan mengklipingnya beberapa buah. 
Siswa mencermati, membandingkanm, dan memberikan tanggapan/penilaian atas
  contoh-contoh resensi temuaannya 
Guru menugasi siswa  mencari buku baru
  untuk diresensi dan membacanya sampai tuntas (tugas ini dapat dikerjakan di
  rumah).  | |
| 
PENUTUP 
(Internalisasi dan  refleksi) | 
Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep
  penting   yang telah dipelajari 
Siswa   diajak merefleksikan
  nilai-nilai  serta kecakapan hidup
  (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran. | 
  SUMBER BELAJAR
| 
V | 
Pustaka rujukan | 
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex
  Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  
Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  274 -280 
Jurnalistik untuk Remaja  karya
  Bambang Trimansyah halaman 49 -52 | 
|  | 
Material: VCD, kaset, poster |  | 
| 
V | 
Mediacetak dan elektronik | 
 Contoh buku yang  diresensi dan karangan hasil resensinya  | 
| 
V | 
Website internet | 
website yang  berisi  galery /kumpulan resensi buku dari berbagai
  penerbit | 
|  | 
Narasumber  |  | 
|  | 
Model peraga |  | 
| 
V | 
Lingkungan | 
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa | 
  PENILAIAN
| 
TEKNIK DAN
  BENTUK | 
V | 
Tes  Lisan  | 
| 
V | 
Tes
  Tertulis   | |
|  | 
Observasi
  Kinerja/Demontrasi | |
| 
v | 
Tagihan Hasil
  Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
|  | 
Pengukuran
  Sikap | |
|  | 
Penilaian diri | |
| 
INSTRUMEN /SOAL | 
Tugas untuk
  mengidentifikasi pokok-pokok isi dan sistematika resensi buku   
Tugas untuk
  mengkliping beberapa contoh resensi buku dan memberikan ulasan/penilaian 
Daftar pertanyaan
  Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah
  dipelajari | |
| 
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |  | |
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar