Minggu, 19 Agustus 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS XI


RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  1

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH
SMA NEGERI I KOTAAGUNG TANGGAMUS
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
IPA / IPS
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan  wawancara
KOMPETENSI DASAR
Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar
INDIKATOR
Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
Menuliskan pokok-pokok isi sambutan  ke dalam beberapa kalimat
Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
ALOKASI WAKTU
 4 x  45 menit ( 2 pertemuan)
  TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu  menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang  didengar
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Sambutan atau khotbah
 Pokok-pokok isi sambutan
Cara membuat   ringkasan sambutan/ khotbah
  METODE PEMBELAJARAN

Presentasi

V
Diskusi Kelompok

v
Inquari

V
Tanya Jawab

V
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model

  KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru mengajak siswa untuk mengingat dan  mencermati  berbagai peristiwa bencana alam di tanah air.  Guru memperlihatkan foto-foto atau film dokumenter  kondisi lingkungan alam yang rusak.   Siswa  diajak    menemukan benang merah yang menghubungkan antara dua hal tersebut.
Guru  mengajak siswa    peduli terhadap  kelestarian lingkungan alam melalui berbagai cara, misalnya dengan menyimak baik-baik pidato/sambutan/khotbah yang mengangkat topik isu-isu lingkungan hidup.


INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’)  
Siswa diminta untuk memikirkan dan merumuskan perbedaan antara mendengarkan dan mendengar.
Guru menanyakan kepada siswa  perbedaan /persamaan antara pidato, khotbah, dan sambutan.
Siswa mendengarkan pembacaan/rekaman khotbah/sambutan/pidato  bertopik lingkungan.
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi khotbah/sambutan/pidato  yang didengarkannya.
Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok pikiran penting khotbah yang didengar.
Siswa  membuat rangkuman isi khotbah yang didengar.
Siswa menanggapi  beberapa pernyataan penting  yang terdapat dalam khotbah.
Pertemuan ke-2   (90’)
Siswa mengerjakan Geladi Kelompok:  mendengarkan rekaman khotbah, menjawab pertanyaan, mengidentifikasi pokok-pokok penting,  meringkas/merangkum, dan menanggapi isi khotbah,
Guru menyampaikan tugas Geladi Diri: mendengarkan khotbah di luar sekolah baik secara langsung  di  rumah-rumah ibadah atau melalui siaran di media elektronik dan melaporkan hasil simakannya.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru menghimbau siswa untuk dapat menjadi pendengar yang baik, cerdas, dan kritis saat mendengarkan khotbah           
  SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 1-8
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma   
V
Material: VCD, kaset, poster
Flim dokumenter yang memperlihatkan eksploitasi alam dan dampak yang ditimbulkan
Gambar perusakan  alam dan bencana-bencana alam yang disebabkan kerusakan lingkungan
V
Mediacetak dan elektronik
rekaman / tayangan   khotbah/pidato/sambutan   dari radio atau televisi

Website internet


Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa
  PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menyimak/mendengarkan khotbah/pidato.
Daftar pertanyaan  pemahaman isi khotbah.
Tugas untuk merangkum dan menanggapi isi khotbah.
Tugas geladi diri untuk menyimak khotbah/pidato di rumah (baik langsung maupun rekamannya)
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik Penilaian Merangkum/meringkas isi pidato  (terlampir di bawah)



RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  2

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH
 SMA NEGERI I KOTAAGUNGTANGGAMUS
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
IPA / IPS
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara
KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)   
INDIKATOR
Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca 
Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)

  TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca artikel  koran, majalah, atau buku
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Artikel koran, majalah, atau  buku
Pokok-pokok isi artikel koran, majalah, atau  buku
Hal-hal yang menarik dalam artikel koran, majalah, atau  buku

  METODE PEMBELAJARAN

Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


  KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menunjukkan koran  edisi baru dan membacakan sekilas  berita/artikel yang  bertopik paling menarik, terutama yang berhubungan dengan masalah lingkungan.
Guru menanyai siswa apakah   dalam  keseharian juga   sering membaca koran/majalah dan   rubrik  apakah yang paling diminati.
Beberapa siswa dipersilakan mengungkapkan pengalalamannya membaca koran/majalah   dan  manfaat  yang diperoleh.


INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’)  
Siswa membaca secara intensif kutipan artikel koran bertopik  lingkungan hidup yang tersaji di buku teks (bisa diganti dengan teks yang lebih aktual/relevan)
Siswa mengidentifikasi ide-ide pokok setiap paragraf atau pokok-pokok    informasi penting  dan mengungkapkannya secara lisan di dalam kelompok.
Secara berkelompok siswa mengidentifikasi opini penulis dan memberikan tanggapan secara kritis.
Masih dalam kelompok, secara bergantian siswa mengemukakan hal yang menarik perhatian dalam teks dan mengemukakan alasannya.
Pertemuan ke-2 (45’)
Siswa  menjelaskan  arti kata-kata kajian yang terdapat dalam teks  dan secara bergiliran menyampaikan jawabannya di depan kelas.
Siswa menjelaskan  maksud beberapa pernyataan dalam teks yang perlu penjelasan lebih lanjut.
Secara bergiliran siswa maju ke depan kelas dan menyampaikan jawabannya  secara lisan.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa diajak   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran

Guru mendorong siswa untuk  mengembangkan budaya  membaca koran/majalah/ atau buku  dan  mampu bersikap kritis terhadap opini penulis.
 SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  9-12
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma  

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
koran / majalah edisi baru 
artikel koran/majalah bertopik lingkungan yang aktual dan menarik perhatian  

Website internet

v
Narasumber
siswa yang men-sharingkan pengalamannya  membaca koran/majalah

Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa
  PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mengidentifikasi   ide pokok paragraf / pokok pikiran penting dalam artikel
Tugas  untuk menginventaris opini penulis dan memberikan tanggapan secara kritis
Tugas untuk mengidentifikasi pernyataan-pernyataan menarik dalam artikel dan mengemekukan alasannya.
Tugas untuk  menjelaskan kata-kata kajian dan pernyataan-pernyataan dalam artikel yang perlu penjelasan lebih lanjut.
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

Blangko observasi dan penilaian untuk kinerja memberikan tanggapan atas opini dan pernyataan menarik dalam artikel koran/majalah  (terlampir di bawah)

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor   3

  IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH
SMA NEGERI I KOTAAGUNG TANGGAMUS
MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
IPA / IPS
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi   
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi 
INDIKATOR
Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:
Mengungkapkan identitas buku
Mengungkapkan  sistematika dan pokok-pokok isi resensi buku 
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)
  TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
Siswa mampu  mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi 
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Contoh sebuah resensi buku
Fungsi dan tujuan penulisan resensi
Prinsip-prinsip penting  penulisan  resensi
Pokok-pokok isi  dan sistematika resensi buku
Data publikasi buku yang diresensi
   METODE PEMBELAJARAN

Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model

  KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menunjukkan sebuah buku baru (yang baru diluncurkan) dan menanyakan kepada siswa apakah sudah membacanya.  Bilamana belum dan berminat membacanya, guru mengajak siswa untuk mendengarkan  sebuah artikel   di majalah atau koran yang mengulas buku tersebut.
Guru mengarahkan pengetahuan siswa untuk mengetahui bahwa   bahwa artikel tersebut  adalah sebuah resensi buku.


INTI
Pertemuan ke-1 (45’)
Siswa membaca contoh resensi buku yang disajikan di buku teks.
Berdasarkan contoh resensi yang dibacanya, siswa mendiskusikan fungsi dan tujuan penulisan resensi buku.
Guru menjelaskan prinsip-prinsip penulisan resensi buku.
Dengan berdiskusi kelompok, siswa  mengidentifikasi bagian-bagian pokok dan sistematika isi resensi buku berdasarkan contoh  yang telah dibacanya.
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’)
Siswa diajak ke perpustakaan/ruang internet untuk mencari contoh-contoh resensi buku dan mengklipingnya beberapa buah.
Siswa mencermati, membandingkanm, dan memberikan tanggapan/penilaian atas contoh-contoh resensi temuaannya
Guru menugasi siswa  mencari buku baru untuk diresensi dan membacanya sampai tuntas (tugas ini dapat dikerjakan di rumah).
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa   diajak merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran.
  SUMBER BELAJAR
V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  274 -280
Jurnalistik untuk Remaja  karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52

Material: VCD, kaset, poster

V
Mediacetak dan elektronik
 Contoh buku yang  diresensi dan karangan hasil resensinya
V
Website internet
website yang  berisi  galery /kumpulan resensi buku dari berbagai penerbit

Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa
  PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mengidentifikasi pokok-pokok isi dan sistematika resensi buku 
Tugas untuk mengkliping beberapa contoh resensi buku dan memberikan ulasan/penilaian
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI