RENCANA
PEMBELAJARAN
Nomor 1
IDENTITAS
SEKOLAH, SK,
KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA
SEKOLAH
|
SMA NEGERI I
KOTAAGUNG TANGGAMUS
|
MATA
PELAJARAN
|
Bahasa dan Sastra Indonesia
|
KELAS
/SEMESTER
|
XI (sebelas) / 1
(satu)
|
PROGRAM
|
IPA / IPS
|
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Mendengarkan
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
Memahami
berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan
wawancara
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menemukan
pokok-pokok isi sambutan/
khotbah yang didengar
|
INDIKATOR
|
Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
Menuliskan pokok-pokok isi sambutan
ke dalam beberapa kalimat
Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
|
ALOKASI
WAKTU
|
4 x
45 menit ( 2 pertemuan)
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
TUJUAN
|
Siswa mampu menemukan
pokok-pokok isi sambutan/
khotbah yang didengar
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Sambutan atau khotbah
Pokok-pokok
isi sambutan
Cara membuat ringkasan sambutan/ khotbah
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
Presentasi
|
|
V
|
Diskusi Kelompok
|
|
v
|
Inquari
|
|
V
|
Tanya Jawab
|
|
V
|
Penugasan
|
|
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
Guru mengajak siswa untuk mengingat dan
mencermati berbagai peristiwa bencana
alam di tanah air. Guru memperlihatkan
foto-foto atau film dokumenter kondisi
lingkungan alam yang rusak. Siswa
diajak menemukan benang merah yang menghubungkan antara
dua hal tersebut.
Guru mengajak siswa peduli terhadap kelestarian lingkungan alam melalui
berbagai cara, misalnya dengan menyimak baik-baik pidato/sambutan/khotbah
yang mengangkat topik isu-isu lingkungan hidup.
|
INTI
|
Pertemuan ke-1 ( 90’)
|
Siswa diminta untuk memikirkan dan merumuskan perbedaan antara
mendengarkan dan mendengar.
Guru menanyakan kepada siswa
perbedaan /persamaan antara pidato, khotbah, dan sambutan.
Siswa mendengarkan pembacaan/rekaman khotbah/sambutan/pidato bertopik lingkungan.
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi
khotbah/sambutan/pidato yang
didengarkannya.
Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok pikiran penting
khotbah yang didengar.
Siswa membuat rangkuman isi
khotbah yang didengar.
Siswa menanggapi beberapa
pernyataan penting yang terdapat dalam
khotbah.
|
|
Pertemuan ke-2 (90’)
|
|
Siswa mengerjakan Geladi Kelompok:
mendengarkan rekaman khotbah, menjawab pertanyaan, mengidentifikasi
pokok-pokok penting,
meringkas/merangkum, dan menanggapi isi khotbah,
Guru menyampaikan tugas Geladi Diri: mendengarkan khotbah di luar sekolah
baik secara langsung di rumah-rumah ibadah atau melalui siaran di
media elektronik dan melaporkan hasil simakannya.
|
|
PENUTUP
(Internalisasi dan refleksi)
|
Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep
penting yang telah dipelajari
Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang
bisa dipetik dari pembelajaran
Guru menghimbau siswa untuk dapat menjadi pendengar yang baik, cerdas,
dan kritis saat mendengarkan khotbah
|
SUMBER BELAJAR
V
|
Pustaka rujukan
|
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex
Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 1-8
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting
Slamet Soewandi, dkk. terbitan Universitas
Sanata Dharma
|
V
|
Material: VCD, kaset, poster
|
Flim dokumenter yang memperlihatkan eksploitasi alam dan dampak yang
ditimbulkan
Gambar perusakan alam dan
bencana-bencana alam yang disebabkan kerusakan lingkungan
|
V
|
Mediacetak dan elektronik
|
rekaman / tayangan
khotbah/pidato/sambutan dari radio atau televisi
|
|
Website internet
|
|
|
Narasumber
|
|
|
Model peraga
|
|
V
|
Lingkungan
|
Lingkungan masyarakat sekitar siswa
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN
BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes
Tertulis
|
|
V
|
Observasi
Kinerja/Demontrasi
|
|
V
|
Tagihan Hasil
Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
|
|
V
|
Pengukuran
Sikap
|
|
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
Tugas untuk
menyimak/mendengarkan khotbah/pidato.
Daftar
pertanyaan pemahaman isi khotbah.
Tugas untuk
merangkum dan menanggapi isi khotbah.
Tugas geladi
diri untuk menyimak khotbah/pidato di rumah (baik langsung maupun rekamannya)
Daftar
pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep
yang telah dipelajari
|
|
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
Rubrik Penilaian Merangkum/meringkas isi pidato (terlampir di bawah)
|
RENCANA
PEMBELAJARAN
Nomor 2
IDENTITAS
SEKOLAH, SK,
KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA
SEKOLAH
|
SMA NEGERI I KOTAAGUNGTANGGAMUS
|
MATA
PELAJARAN
|
Bahasa dan Sastra Indonesia
|
KELAS
/SEMESTER
|
XI (sebelas) / 1 (satu)
|
PROGRAM
|
IPA / IPS
|
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Berbicara
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
Mengungkapkan
secara lisan informasi hasil membaca dan
wawancara
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel
atau buku)
|
INDIKATOR
|
Mendata
pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
Menyampaikan
(secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Mengemukan
hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan
memberikan alasan
|
ALOKASI
WAKTU
|
3 x
45 menit ( 2 pertemuan)
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
|
Siswa mampu menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca
artikel koran, majalah, atau buku
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Artikel koran, majalah, atau buku
Pokok-pokok isi artikel koran, majalah,
atau buku
Hal-hal yang
menarik dalam artikel koran, majalah, atau
buku
|
METODE PEMBELAJARAN
|
Presentasi
|
|
v
|
Diskusi Kelompok
|
|
v
|
Inquari
|
|
v
|
Tanya Jawab
|
|
v
|
Penugasan
|
|
v
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
Guru menunjukkan koran edisi baru
dan membacakan sekilas berita/artikel
yang bertopik paling menarik, terutama
yang berhubungan dengan masalah lingkungan.
Guru menanyai siswa apakah dalam
keseharian juga sering membaca koran/majalah dan rubrik apakah yang paling diminati.
Beberapa siswa dipersilakan mengungkapkan pengalalamannya membaca
koran/majalah dan manfaat yang diperoleh.
|
INTI
|
Pertemuan ke-1 ( 90’)
|
Siswa membaca secara intensif kutipan artikel koran bertopik lingkungan hidup yang tersaji di buku teks
(bisa diganti dengan teks yang lebih aktual/relevan)
Siswa mengidentifikasi ide-ide pokok setiap paragraf atau
pokok-pokok informasi penting dan mengungkapkannya secara lisan di dalam
kelompok.
Secara berkelompok siswa mengidentifikasi opini penulis dan memberikan
tanggapan secara kritis.
Masih dalam kelompok, secara bergantian siswa mengemukakan hal yang
menarik perhatian dalam teks dan mengemukakan alasannya.
|
|
Pertemuan ke-2 (45’)
|
|
Siswa menjelaskan arti kata-kata kajian yang terdapat dalam
teks dan secara bergiliran
menyampaikan jawabannya di depan kelas.
Siswa menjelaskan maksud beberapa
pernyataan dalam teks yang perlu penjelasan lebih lanjut.
Secara bergiliran siswa maju ke depan kelas dan menyampaikan
jawabannya secara lisan.
|
|
PENUTUP
(Internalisasi dan refleksi)
|
Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep
penting yang telah dipelajari
Siswa diajak merefleksikan
nilai-nilai serta kecakapan hidup
(live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru mendorong siswa untuk mengembangkan budaya membaca koran/majalah/ atau buku dan mampu
bersikap kritis terhadap opini penulis.
|
SUMBER BELAJAR
V
|
Pustaka rujukan
|
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex
Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 9-12
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting
Slamet Soewandi, dkk. terbitan
Universitas Sanata Dharma
|
|
Material: VCD, kaset, poster
|
|
V
|
Mediacetak dan elektronik
|
koran / majalah edisi baru
artikel koran/majalah bertopik lingkungan yang aktual dan menarik
perhatian
|
|
Website internet
|
|
v
|
Narasumber
|
siswa yang men-sharingkan pengalamannya
membaca koran/majalah
|
|
Model peraga
|
|
V
|
Lingkungan
|
Lingkungan masyarakat sekitar siswa
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN
BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes Tertulis
|
|
V
|
Observasi
Kinerja/Demontrasi
|
|
V
|
Tagihan Hasil
Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
|
|
V
|
Pengukuran
Sikap
|
|
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
Tugas untuk
mengidentifikasi ide pokok paragraf /
pokok pikiran penting dalam artikel
Tugas untuk menginventaris opini penulis dan
memberikan tanggapan secara kritis
Tugas untuk
mengidentifikasi pernyataan-pernyataan menarik dalam artikel dan mengemekukan
alasannya.
Tugas
untuk menjelaskan kata-kata kajian dan
pernyataan-pernyataan dalam artikel yang perlu penjelasan lebih lanjut.
Daftar
pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep
yang telah dipelajari
|
|
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
Blangko observasi dan penilaian untuk kinerja memberikan tanggapan atas opini
dan pernyataan menarik dalam artikel koran/majalah (terlampir di bawah)
|
RENCANA
PEMBELAJARAN
Nomor 3
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA
SEKOLAH
|
SMA NEGERI I KOTAAGUNG TANGGAMUS
|
MATA
PELAJARAN
|
Bahasa dan Sastra Indonesia
|
KELAS
/SEMESTER
|
XI (sebelas) / 1 (satu)
|
PROGRAM
|
IPA / IPS
|
ASPEK
PEMBELAJARAN
|
Menulis
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
Mengungkapkan infomasi melalui
penulisan resensi
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Mengungkapkan
prinsip-prinsip penulisan resensi
|
INDIKATOR
|
Mengungkapkan prinsip-prinsip
penulisan resensi:
Mengungkapkan identitas buku
Mengungkapkan sistematika dan pokok-pokok isi resensi
buku
|
ALOKASI
WAKTU
|
3 x
45 menit ( 2 pertemuan)
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
TUJUAN
|
Siswa mampu
mengungkapkan
prinsip-prinsip penulisan
resensi
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN
|
Contoh sebuah resensi buku
Fungsi dan tujuan penulisan resensi
Prinsip-prinsip penting penulisan
resensi
Pokok-pokok isi dan sistematika resensi buku
Data publikasi buku yang diresensi
|
METODE PEMBELAJARAN
|
Presentasi
|
|
v
|
Diskusi Kelompok
|
|
v
|
Inquari
|
|
v
|
Tanya Jawab
|
|
v
|
Penugasan
|
|
|
Demontrasi /Pemeragaan Model
|
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PEMBUKA
(Apersepsi)
|
Guru menunjukkan sebuah buku baru (yang baru diluncurkan) dan menanyakan
kepada siswa apakah sudah membacanya.
Bilamana belum dan berminat membacanya, guru mengajak siswa untuk
mendengarkan sebuah artikel di majalah atau koran yang mengulas buku
tersebut.
Guru mengarahkan pengetahuan siswa untuk mengetahui bahwa bahwa artikel tersebut adalah sebuah resensi buku.
|
INTI
|
Pertemuan ke-1 (45’)
|
Siswa membaca contoh resensi buku yang disajikan di buku teks.
Berdasarkan contoh resensi yang dibacanya, siswa mendiskusikan fungsi dan
tujuan penulisan resensi buku.
Guru menjelaskan prinsip-prinsip penulisan resensi buku.
Dengan berdiskusi kelompok, siswa
mengidentifikasi bagian-bagian pokok dan sistematika isi resensi buku
berdasarkan contoh yang telah
dibacanya.
|
|
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’)
|
|
Siswa diajak ke perpustakaan/ruang internet untuk mencari contoh-contoh
resensi buku dan mengklipingnya beberapa buah.
Siswa mencermati, membandingkanm, dan memberikan tanggapan/penilaian atas
contoh-contoh resensi temuaannya
Guru menugasi siswa mencari buku baru
untuk diresensi dan membacanya sampai tuntas (tugas ini dapat dikerjakan di
rumah).
|
|
PENUTUP
(Internalisasi dan refleksi)
|
Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep
penting yang telah dipelajari
Siswa diajak merefleksikan
nilai-nilai serta kecakapan hidup
(live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran.
|
SUMBER BELAJAR
V
|
Pustaka rujukan
|
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex
Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 274 -280
Jurnalistik untuk Remaja karya
Bambang Trimansyah halaman 49 -52
|
|
Material: VCD, kaset, poster
|
|
V
|
Mediacetak dan elektronik
|
Contoh buku yang diresensi dan karangan hasil resensinya
|
V
|
Website internet
|
website yang berisi galery /kumpulan resensi buku dari berbagai
penerbit
|
|
Narasumber
|
|
|
Model peraga
|
|
V
|
Lingkungan
|
Lingkungan masyarakat sekitar siswa
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN
BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes
Tertulis
|
|
|
Observasi
Kinerja/Demontrasi
|
|
v
|
Tagihan Hasil
Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
|
|
|
Pengukuran
Sikap
|
|
|
Penilaian diri
|
|
INSTRUMEN /SOAL
|
Tugas untuk
mengidentifikasi pokok-pokok isi dan sistematika resensi buku
Tugas untuk
mengkliping beberapa contoh resensi buku dan memberikan ulasan/penilaian
Daftar pertanyaan
Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah
dipelajari
|
|
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
|